Sejak mulai diberlakukan ketentuan penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) mahasiswa dalam bentuk artikel di tahun 2002 oleh Tim KTI Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (FK Undip), maka terdapat cukup banyak tulisan ilmiah yang memenuhi kaidah standar penulisan KTI (tipe, judul, abstrak, format teks dan penulisan). Dalam setiap tahun, dihasilkan sekitar 150 judul KTI bidang kedokteran dari berbagai sub bidang ilmu dan beragam kajian studi. Apabila diasumsikan terdapat 10 persen KTI terbaik yang layak dipublikasikan, maka ada sekitar 15 judul KTI yang dapat disatukan dalam sebuah majalah ilmiah. Selain itu, saat ini FK Undip baru memiliki satu majalah ilmiah Media Medika Indonesiana yang terbit empat kali setahun dengan standar pemuatan tertentu, sehingga tidak dapat lebih banyak memuat artikel.

Majalah ilmiah ini merupakan kumpulan karya tulis mahasiswa dan dosen pembimbing, mencerminkan kerjasama dalam atmosfer akademik yang amat berguna dalam peningkatan kualitas keilmuan dan pembinaan sumber daya manusia di lingkungan FK Undip.

Visi: menjadi wadah pola berpikir ilmiah yang berbudaya bagi mahasiswa dan dosen FK Undip.

Misi: 1). Memberi rangsangan dan dorongan bagi mahasiswa dan dosen FK Undip untuk melakukan interaksi ilmiah dalam kaidah budaya Indonesia, sehingga menghasilkan karya tulis ilmiah yang bermutu. 2). Menjadi wadah publikasi ilmiah untuk setiap hasil dari proses kegiatan penulisan Karya Tulis Ilmiah/dosen di FK Undip. 3). Melakukan seleksi hasil penulisan artikel Karya Tulis Ilmiah mahasiswa/dosen yang layak dipublikasi. 4). Mengorganisasi, menerbitkan dan mendistribusikan majalah ilmiah.

Manfaat: 1). Meningkatkan atmosfer akademik di lingkungan FK Undip 2). Menambah wadah publikasi artikel Karya Tulis Ilmiah mahasiswa/dosen di FK Undip 3). membantu pengumpulan satuan kredit (kum) dosen FK Undip 4). Menambah majalah ilmiah kedokteran di lingkungan FK Undip