Mahabara Y.P., A. Noviastuti

ABSTRACT

Latar belakang: Ujian mahasiswa merupakan salah satu sumber kecemasan yang dapat diukur dengan HARS. Berdasarkan penelusuran pustaka, belum ada uji tingkat kecemasan yang dilakukan pada mahasiswa fakultas kedokteran yang akan mengikuti ujian identifikasi mata kuliah anatomi. Penelitian ini bertujuan melihat perbedaan tingkat kecemasan antara kelompok I dan IV peserta ujian identifikasi Anatomi I.

Metode: Penelitian cross-sectional ini mendapatkan responden secara simple random dari sejumlah mahasiswa angkatan 2003 kelompok I dan IV sebelum ujian identifikasi Anatomi I keempat. Nilai tingkat kecemasan didapat dengan wawancara menggunakan HARS. Analisis data dengan uji Mann-Whitney.

Hasil: Dari 45 responden yang memenuhi kriteria inklusi, didapat 23 dari kelompok I dan 22 dari kelompok IV. Pada kelompok I terdapat 6 responden tidak cemas (26,08%), sedangkan pada kelompok IV terdapat 21 (95,45%). Uji Mann-Whitney didapatkan perbedaan tingkat kecemasan yang signifikan antara kelompok I dan IV (p=0,00).

Kesimpulan: Terdapat perbedaan signifikan antara tingkat kecemasan kelompok I dan IV sebelum ujian identifikasi Anatomi I, dimana kelompok I lebih tinggi daripada IV.

Kata Kunci: Kelompok identifikasi Anatomi I, HARS



Leave a Reply